Kamis, 20 Maret 2014

STOPWATCH



STOPWATCH

1.    Gambar dan Bagian-bagian Stopwatch
a.      gambar
b.      bagian-bagian

1.      Tombol Start atau Stop yang berfungsi untuk memulai hitungan.
2.      Tombol Mode atau Unlock yang berfungsi untuk mengunci atau memberhentikan waktu yang sedang berjalan.
3.      Tombol Split atau Reset yang berfungsi untuk mengembalikan pada pengaturan awal atau membuat angka bernilai nol.
4.      Layar analog atau digital untuk menampilkan hitungan.


2.    Fungsi dan Prinsip Kerja Stopwatch
a.      Fungsih
Fungsi Stopwatch adalah sebagai alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam suatu kegiatan, misalnya berapa lama seorang perenang mencapai jarak 100 meter, atau berapa lama seorang pelari mencapai jarak 1 km, dsb.
Fungsi Stopwatch berisi tombol untuk menjalankan fungsi tertentu, seperti memulai, berhenti dan waktu split. Stopwatch juga  bisa memiliki fungsi lain seperti alarm atau fungsi kalender.
b.      Prinsip kerja
Stopwatch dirancang untuk memulainya dengan menekan tombol diatas sehingga bergerak jarumnya dan menekan kembali tombol tersebut maka jarum berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua akan mememasang lagi jarum stopwatch pada kondisi nol.
Stopwatch Analog mempunyai penunjuk seperti jarum jam dan mempunyai dua buah tombol yaitu tombol star/stop dan tombol kalibrasi/pembuat posisi nol . Perhitungan waktu pada stopwatch analog ini berdasarkan gerakan mekanik. Sistem yang mekanik sangat sulit diubah, (ditambah atau dikurang) karena peletakan komponen-komponennya memerlukan presisi yang sangat tinggi.

3.    Ketelitian Stopwatch
Stopwatch jarum memiliki ketelitian 0,1 detik karena setiap skala pada stopwatch dibagi menjadi 10 bagian, sedangkan stopwatch digital memiliki ketelitian hingga 0,001 s

4.    Langkah-Langkah Pengukuran Dengan Menggunakan Stopwatch

a.       Ambil stopwatch. Pastikan dahulu bahwa semua jarum stopwatch  menunjuk pada angka nol,(bila belum tekan tombol pengenol).
b.      Minta teman anda untuk membaca naskah yang telah disediakan bersamaan dengan menekan tombol start.
c.       Tekan tombol stop bersamaan dengan berakhirnya naskah yang dibaca oleh teman anda.
d.      Bacalah skala yang ditunjuk oleh stopwatch, mulailah  dengan penjunjukkan jarum menit kemudian jarum  detik/sekon.Pembacaan dan penulisan jarum detik dapat dilakukan hingga setengah skala terkecil. Catat hasilnya pada hasil pengamatan.

5.    Cara Membaca Skala Pengukuran Stopwatch Yang Tepat

Pada pengukuran waktu dengan menggunakan stopwatch, pembacaan skalanya dimulai dengan penunjukan jarum menit kemudian jarum detik/sekon. Pembacaan dan penulisan jarum detik dapat dilakukan hingga setengah skala terkecil. Adapun cara penggunaan stopwatch dengan  terlebih  dahulu memastikan bahwa semua jarum stopwatch menunjuk pada angka nol. Bila belum, melakukan pengenolan dengan cara menekan tombol pengenol (biasanya berwarna hitam/tombol tengah) dan pada saat pengukuran dimulai ,tekan tombol start (biasanya berwarna hijau, tombol kanan). Dan ketika pengukuran selesai tekan tombol stop ( biasanya berwarna merah, tombol kiri

6.    Kekurangan dan Kelebihan Stopwatch

a.      Kelebihan
a)      Proses perhitungan lebih cepat
b)      Setiap jenis gerakan waktunya diketahui
c)      Biayanya lebih murah
d)     Lebih praktis dalam mencatat data
e)      Data yang di peroleh lebih akurat
b.      Kekurangan
a)      Dibutuhkan ketelitian bagi seorang pengamat yang melakukan perhitungan, karena akan mempengaruhi hasil perhitungan.
b)      Terjadi ketidak wajaran dalam proses perhitungan waktu yang dapat disebabkan oleh kondisi pekerja dan situasi tempat kerja ( kondisi pekerjaan)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar